Yuk, Ajak Anak ke Perpustakaan Ramah Anak

Yuk, Ajak Anak ke Perpustakaan Ramah Anak

Seperti diketahui minat baca masyarakat Indonesia memang kurang tinggi, meski sudah ditunjang dengan fasilitas perpustakaan yang tidak hanya ada di sekolah atau kampus-kampus tapi juga menjadi fasilitas publik. Untuk itu, agar minat untuk gemar membaca di Indonesia semakin bertumbuh maka harusnya ada kesadaran untuk membaca sejak dini dengan fasilitas perpustakaan ramah anak.

Untuk menjawab tantangan tersebut maka Pemerintah Kota Denpasar melalui Asisten Administrasi Pemerintahan Setda Kota Denpasar, I Made Toya melaunching Perpustakaan Pelangi Ilmu, SD 27 Pemecutan yang dirancang menyenangkan bagi anak. Launching Perpustakaan Ramah Anak di sekolah dasar yang terletak di Desa Tegal Harum tersebut ditandai dengan pengguntingan pita dilanjutkan dengan peninjauan lokasi, Senin (12/09/2022). Hadir juga dalam kesempatan itu Camat Denpasar Barat, Perbekel Tegal Harum, Bunda Literasi Desa Tegal Harum, Pihak Yayasan YLAI dan tamu undangan lainnya.
Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SD 27 Pemecutan, Dra. Yamtinah, M.Pd menyampaikan bahwa berdirinya Perpustakaan Pelangi Ilmu tidak terlepas dari bantuan dari Yayasan Literasi Anak Indonesia (YLAI), dan dukungan dari orangtua murid SD 27 Pemecutan. “Kami mendapatkan pendampingan dan pelatihan mengenai bagaimana menata perpustakaan. Kami juga mendapatkan kurang lebih 600 buku dan alat-alat untuk di perpustakaan,” ujarnya.

Lanjutnya, hampir semua bagian dari ruangan yang dulunya tidak dimanfaatkan secara maksimal, kini dipergunakan untuk ruang perpustakaan. Tidak hanya dari segi interior yang diperbaiki, namun dari pelayanan pustakawannya pun kini telah jauh berbeda.
“Setelah diberikan pelatihan kami bisa tahu mengenai bagaimana meng-handle perpustakaan dan terutama dari segi ramah anaknya,” jelasnya.
Pihaknya juga telah menjalin MoU dengan Perpustakaan Sastra Mahottama yang dimiliki oleh Pemerintah Desa Tegal Harum dalam mengembangkan literasi digital di sekolahnya. Perbekel Tegal Harum, I Komang Adi Widiantara ditemui di sela-sela acara menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap berdirinya Perpustakaan Pelangi Ilmu di SD 27 Pemecutan. “Semoga perpustakaan ini bisa dikelola dengan baik dan bermanfaat bagi siswa-siswi SD 27 Pemecutan, terutama untuk membangkitkan minat baca para siswas,” pungkasnya.

Share
Tags