Puluhan Pustakawan se-Kota Denpasar Ikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pustakawan di Desa Tegal Harum

Puluhan Pustakawan se-Kota Denpasar Ikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pustakawan di Desa Tegal Harum

Perpustakaan merupakan salah satu penunjang bagi keberhasilan proses pendidikan, pengajaran, dan pengabdian masyarakat di institusi pendidikan. Perpustakaan juga memiliki peranan yang signifikan untuk mendukung gemar membaca dan meningkatkan literasi informasi. Bersinergi dengan Politeknik Internasional Bali, Perpustakaan Sastra Mahottama mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Pustakawan dan Standarisasi Akreditasi Perpustakaan bagi Pustakawan pada hari Jumat (16/09/2022). Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kantor Perbekel Tegal Harum dan diikuti oleh 40 pustakawan dengan narasumber Ni Putu Premierita Haryanti, S.Sos., M.A. selaku Kepala UPT. Perpustakaan Politeknik Internasional Bali.

Dalam sambutannya, Kepala Perpustakaan Sastra Mahottama, I Made Budiartha menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas pustakawan sebelum mengikuti akreditasi perpustakaan. “Kegiatan ini kami laksanakan untuk peningkatan kapasitas pustakawan, saya berharap pelatihan ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan nantinya bisa diterapkan di sekolah masing-masing untuk persiapan menghadapi akreditasi perpustakaan,”terangnya. Beliau juga berharap para peserta dapat meningkatkan kemampuan dan profesionalisme dalam pengelolaan perpustakaan sehingga keberadaaan perpustakaan memiliki fungsi dan peran dalam meningkatkan kecerdasan masyarakat. “Perpustakaan Sekolah memiliki peran penting dalam kegiatan belajar dan mengajar, sehingga perlu adanya manajemen yang baik terhadap perpustakaan agar mampu memberikan layanan yang berkualitas dan bermutu.” lanjutnya.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar, Ir. Ida Bagus Gde Yoga Jaya Muda, M.T yang ikut hadir dalam kegiatan ini menyampaikan apresiasinya kepada Perpustakaan Sastra Mahottama yang baru berusia satu tahun. Sekaligus beliau menyempatkan diri untuk berkunjung ke Perpustakaan Sastra Mahottama dan tertarik untuk dibuatkan kartu anggota. “Perpustakaan Sastra Mahottama ini baru berusia satu tahun namun dapat melaksanakan kegiatan seperti ini dan semoga perpustakaan desa/ kelurahan lainnya juga bisa bangkit dan semangat Perpustakaan Sastra Mahottama bisa diketok tularkan pada perpustakaan lainnya.” jelasnya.

Ni Putu Premierita Haryanti, S.Sos., M.A selaku Kepala UPT Perpustakaan Politeknik Internasional Bali menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara Pemerintah Desa Tegal Harum dan Politeknik Internasional Bali. “Kegiatan ini adalah salah satu bentuk realisasi dari MoU Pemerintah Desa Tegal Harum dengan Politeknik Internasional Bali, semoga kerjasama ini bisa tetap berlanjut dengan kegiatan-kegiatan lain yang bisa kita laksanakan bersama.” pungkasnya.

Terakhir, setelah acara peningkatan kapasitas selesai, peserta dengan antusias berkunjung ke Perpustakaan Sastra Mahottama milik Desa Tegal Harum ini dan kerjasama pun nantinya akan dijalin dengan beberapa sekolah yang ada di Kota Denpasar.

Share
Tags