Perbekel Tegal Harum Hadiri Dharma Wacana Gereja Dalam Desa Adat Bali

Perbekel Tegal Harum Hadiri Dharma Wacana Gereja Dalam Desa Adat Bali

Perbekel Tegal Harum hadiri Dharma Wacana dengan mengambil tema “Gereja dalam Desa Adat Bali”, bertempat di Ruang Pertemuan Gereja Santo Petrus, Desa Tegal Harum (17/09/2022). Acara yang digagas oleh Paroki Santo Petrus Denpasar tersebut menampilkan narasumber tunggal Ida Penglingsir Agung Putra Sukahet yang merupakan Ketua Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali, dan dihadiri juga oleh Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Bali, Perbekel Tegal Kertha, dan undangan lainnya dari tokoh masyarakat setempat.

Dalam pemaparannya, beliau membahas tentang kehidupan umat beragama agar bisa berjalan dengan damai, tanpa ada perbedaan yang bisa merusak persatuan dan kesatuan bangsa demi utuhnya NKRI. Kebhinekaan dan toleransi kehidupan beragama tidak akan pernah lepas dalam kehidupan beragama di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negeri ini sangat majemuk, terdiri dari ribuan pulau, suku, adat, dan budaya. Oleh karena itu, perlu ada pemahaman tentang pluralisme.

Lebih jauh, beliau mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tetap menjunjung semboyan bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika. Mengingat Desa Tegal Harum dan Desa Tegal Kertha adalah daerah heterogen, dimana keberagaman suku, budaya dan agama itu akan hadir dengan sendirinya.

Share
Tags