Pemerintah Desa Tegal Harum Gandeng IPBI, Beri Pelatihan Kepemimpinan untuk Meningkatkan Kualitas SDM Aparatur Desa

Pemerintah Desa Tegal Harum Gandeng IPBI, Beri Pelatihan Kepemimpinan untuk Meningkatkan Kualitas SDM Aparatur Desa

Adanya kebutuhan pengembangan sumber daya manusia, Pemerintah Desa Tegal Harum bekerjasama dengan Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional (IPBI) melaksanakan kegiatan pelatihan kepemimpinan/ Managerial Skill. Kegiatan ini merupakan realisasi dari MoU antara Pemerintah Desa Tegal Harum dengan IPBI.

 

Perbekel Tegal Harum, I Komang Adi Widiantara dalam sambutannya menyampaikan bahwa fungsi kepemimpinan adalah menghasilkan lebih banyak pemimpin, bukan lebih banyak pengikut. “Memasuki era revolusi industri 4.0, pemimpin era modern juga harus mampu mengikuti perkembangan zaman. Gaya kepemimpinan dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang begitu cepat dengan merubah gaya kepemimpinan tradisional menjadi kepemimpinan digital. Seorang pemimpin digital memiliki kemampuan untuk menginspirasi karyawannya untuk berinovasi dan mempertahankan ide-ide.” tuturnya.

Bapak Drs. Putu Gede Sridana, M.Si selaku narasumber dari IPBI menyampaikan, pola kepemimpinan harus disesuaikan dengan tempat dan perkembangan zaman. Pola kepemimpinan yang sesuai diterapkan di Pemerintah Desa yaitu pola kepemimpinan mengayomi masyarakat, persuasif kepada masyarakat dan pelayanan optimal kepada masyarakat.

Terakhir, Bapak Drs. Putu Gede Sridana, M.Si menegaskan bahwa jadilah seorang leader yang bisa mengajak dan memotivasi bukan seorang bos yang menyuruh dan memerintah. BE A LEADER, NOT A BOSS!!!

Share
Tags