Membangun tanpa Data, Ibarat Layang-Layang Putus Talinya

Membangun tanpa Data, Ibarat Layang-Layang Putus Talinya

Pada masa sekarang ini keberadaan data menjadi sangat penting, terutama sebagai dasar perencanaan dan evaluasi pembangunan. Tidak hanya pembangunan nasional, pembangunan di tingkat desa juga memerlukan data yang akurat dan up to date.

Bertempat di ruang pertemuan Kantor Perbekel Tegal Harum, dilaksanakan kegiatan pembinaan Desa Cantik. Kegiatan ini merupakan pembinaan tahap keempat kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Tegal Harum yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Denpasar yang bekerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Denpasar pada hari Kamis, 8 September 2022. Dalam pelatihan ini dibahas terkait pembuatan infografis data statistik.

Kepala BPS Kota Denpasar, Eman Sulaeman, S.ST, M.A.P. menyampaikan Program Desa Cantik, merupakan bentuk tanggung jawab Badan Pusat Statistik dalam melakukan pembinaan statistik sektoral, sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Melalui program ini, BPS menargetkan untuk meningkatkan kompetensi aparat desa, dengan fokus utamanya adalah mempersiapkan aparat desa agar lebih paham statistik. “Didasari dengan banyaknya permintaan data ke desa, maka untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan data statistik sektoral, BPS Kota Denpasar bekerjasama dengan Kominfo Kota Denpasar melaksanakan pembinaan Desa Cantik (Cinta Statistik).” tuturnya.

Sekretaris Desa Tegal Harum, Ida Ayu Putu Cahya Sugiantari berharap dengan adanya pelatihan ini, KIM Desa Tegal Harum dapat menyajikan data visual yang menarik dalam menyederhanakan informasi yang kompleks untuk menjadi lebih singkat dan jelas ke dalam satu gambar.

Share
Tags