Gugah Semangat Literasi Melalui Pelatihan Jurnalistik

Gugah Semangat Literasi Melalui Pelatihan Jurnalistik

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) berperan dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi, serta dapat menjadi garda terdepan dalam menangkal hoaks. Bekerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Denpasar, Pemerintah Desa Tegal Harum mengadakan pelatihan jurnalistik untuk mengembangkan bakat, kreatifitas dan literasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Tegal Harum. Kegiatan ini bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Perbekel Tegal Harum (08/09).

Gde Wirakusuma Wahyudi, S.Sos selaku narasumber dan sekaligus sebagai Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Denpasar menyampaikan apresiasi terkait keberadaan KIM yang sangat dibutuhkan di desa, sebagai motor penggerak informasi masyarakat yang tentunya didukung oleh SDM dan infrastruktur yang memadai. “Jika setiap desa mempunyai staf atau humas yang handal, maka semua kegiatan desa akan terpublikasi dengan baik. Oleh karena itu, penting dilakukannya pelatihan-pelatihan di setiap desa untuk meningkatkan kemampuan seseorang di dunia peliputan atau jurnalistik.” ujarnya.

Perbekel Tegal Harum, I Komang Adi Widiantara menuturkan bahwa KIM merupakan kelompok informasi yang menjadi garda terdepan dalam melakukan branding terhadap potensi yang ada di desa, sehingga bisa diketahui oleh masyarakat luas atau pemerintah daerah sampai tingkat nasional.

Share
Tags