Desa Tegal Harum Sabet Penghargaan Bergengsi Tingkat Nasional

Desa Tegal Harum Sabet Penghargaan Bergengsi Tingkat Nasional

Pemerintah Desa Tegal Harum kembali mengharumkan nama Kota Denpasar di tingkat Nasional. Kali ini melalui BUMDesa Puspa Harum Sejahtera meraih penghargaan terbaik 1 dalam BUMDes Award Nasional 2022 bertempat di Gedung Pusat Riset Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, pada hari Kamis (15/09/2022). BUMDes Award Nasional tahun 2022 memiliki enam kategori anugerah. Kategori tersebut adalah Product Innovation, Profitable Achievement, Community Development and Engagement, Good Corporate Governance (GCG), Information and Communications Technology (ICT) and Digitalization, dan Special Local Champion Award.
Rektor ITS, Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M. Eng. Ashari menyampaikan bahwa BUMDesa Awards 2022 merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa yang dimulai tahun 2020 bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini merupakan wadah peningkatan kolaborasi dan pembinaan dalam pengembangan teknologi, manajemen pasar, hingga manajemen finansial. “Dengan demikian, setelah program ini diharapkan terjadi peningkatan kualitas dan jaringan kerja sama mitra BUMDes dengan ITS,” tuturnya.
Perbekel Tegal Harum, I Komang Adi Widiantara mengaku bangga atas pencapaian dan penghargaan yang diberikan oleh Puskaji Kebijakan Publik dan Bisnis Industri ITS kepada BUMDesa Puspa Harum Sejahtera.
Menurut dia, prestasi tingkat nasional yang diperoleh merupakan perjuangan bersama pengurus BUMDesa Puspa Harum Sejahtera dan masyarakat Desa Tegal Harum, dimana sejak awal berdirinya di tanggal 24 Agustur 2018 sampai saat ini, akhirnya bisa membuahkan hasil yang maksimal.
“Apa yang diraih BUMDesa Puspa Harum Sejahtera saat ini merupakan kerja keras semua pihak dan mitra kerja yang memberikan support tiada hentinya, sehingga BUMDesa Puspa Harum Sejahtera mampu maju dan berkembang pesat. Tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Denpasar, terutama Bapak Walikota, I Gusti Ngurah Jaya Negara, SE dan Bapak Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, SE., MM atas dukungan yang secara terus menerus diberikan kepada Desa Tegal Harum,” kata Perbekel enerjik yang baru menjabat selama 3 tahun tersebut.
Adi Widiantara berharap bahwa BUMDesa Puspa Harum Sejahtera terus berinovasi dan menjaga usaha yang dijalankan agar masyarakat bisa menikmati hasilnya dan ekonomi masyarakat juga semakin membaik.

Direktur BUMDesa Puspa Harum Sejahtera, I Made Mada Wijaya menyampaikan bahwa sampai saat ini BUMDesa Puspa Harum Sejahtera telah menjalankan 4 unit usaha, yakni Unit Usaha Pasar, Unit Usaha Parkir, Unit Usaha Simpan Pinjam, serta Unit Usaha Perdagangan dan Jasa.
Atas capaian sebagai yang terbaik dalam kategori Special Local Champion Award di ajang BUMDes Award Nasional 2022, Mada Wijaya mengaku tidak akan berpuas diri, tetapi akan menjadikan sebagai motivasi ke depan untuk mencapai yang lebih baik lagi. Beliau juga mengajak anak muda untuk bersama-sama berbenah, mulai dari Desa untuk membangun Indonesia.
“Mari kita berbenah dari desa, gotong royong membangun negeri yang sama-sama kita cintai ini. Anak muda tentunya punya energi yang luar biasa,” cetusnya.
Mada Wijaya mengaku bangga dan bersyukur atas capaian dan upaya yang dilakukan oleh BUMDesa Puspa Harum Sejahtera hingga mendapat penghargaan tersebut. Ia berharap ke depan BUMDesa Puspa Harum Sejahtera lebih berkembang dan capaian yang diraih dapat dijadikan motivasi untuk lebih baik kedepannya.
“Semoga ini semua menjadi motivasi BUMDesa kami ke depan untuk menjadi lebih baik. Buat Tim BUMDesa Puspa Harum Sejahtera, keep spirit,” pungkasnya.

Share
Tags