Aktif Memberikan Pemahaman Bahaya Narkoba, Desa Tegal Harum Menuju Desa BERSINAR

Aktif Memberikan Pemahaman Bahaya Narkoba, Desa Tegal Harum Menuju Desa BERSINAR

Tim IBM Tat Twam Asi Desa Tegal Harum yang didampingi oleh Tim dari Badan Narkotika Nasional Kota Denpasar memberikan sosialisasi IBM (Intervensi Berbasis Masyarakat) terkait bahaya narkoba dan rehabilitasinya kepada ibu-ibu WHDI Desa Tegal Harum bertempat di ruang pertemuan Kantor Perbekel Tegal Harum, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, pada hari Kamis (15/09/2022).

Sosialisasi pada hari ini diberikan oleh tim dari BNN Kota Denpasar, Ketua IBM Tat Twam Asi Desa Tegal Harum, Drs. I Putu Martha Sugiantara dan Tim Agen Pemulihan. Ketua WHDI Desa Tegal Harum, Dra. Desak Nyoman Budiastiti, M.Pd mengapresiasi kedatangan Tim BNNK Denpasar dan Desa Tegal Harum siap untuk dijadikan Pilot Project Desa Bersinar tahun 2022.

Penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu permasalahan nasional yang dipandang serius oleh Pemerintah, karena dapat menyebabkan rusaknya moral bangsa, dan semakin marak terjadi di Indonesia khususnya di Kota Denpasar. Oleh karena itu, BNNK Denpasar semakin bersemangat untuk melakukan berbagai macam cara untuk menekan angka lonjakan peredaran gelap narkotika. Salah satu caranya adalah dengan melakukan sosialisasi Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) yang tertuju langsung kepada masyarakat di Kota Denpasar. BNN Kota Denpasar telah melakukan IBM di berbagai desa/ kelurahan yang ada di Wilayah Kota Denpasar, salah satunya di Desa Tegal Harum.

Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pengetahuan adiksi, informasi bahaya penyalahgunaan Narkoba serta informasi rehabilitasi sebagai upaya untuk menciptakan Desa Tegal Harum bersih dari Narkoba. Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 terkait RAN P4GN bahwa seluruh stakeholder wajib bersama-sama dalam melaksanakan upaya P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika). Desa Tegal Harum merupakan salah satu desa di Kota Denpasar yang memiliki resiko terhadap ancaman peredaran gelap narkoba. Hal tersebut tentu perlu penanganan dan perhatian khusus dari pemerintah desa yang merupakan lini terdepan sekaligus perpanjangan tangan pemerintah daerah yang ada dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Mari bersama-sama Mewujudkan Desa Tegal Harum Bersih dari Penyalahgunaan Narkotika, “Jangan Malu untuk Melaporkan dan Selamatkan Penyalahguna Narkoba.”

Share
Tags